Tinggalkan komentar

Hujan di Smanda


“Qi !!! uwes jam setengah enem iku lho, kok durung tangi ?” kata ibuku yang membangunkanku karena aku bangun kesiangan. Mendengar kalimat itu, aku langsung bangun dari tidur pulasku. Aku langsung menganbil handuk dan mandi. Karena kesiangan aku tak sempat tuk keramas. Selesai mandi aku langsung ganti pakaian dan sholat shubuh. Selang kemudian aku tak sarapan dan langsung berangkat sekolah.

Dalam perjalananpun kendaraannya bergerak dengan kecepatan rendah serta aku berimpitan dengan penumpang yan lain. Untungnya, ongkosnya dibayarkan oleh tetanggaku yang berangkat kerja (Alhamdulillah Yah). Jam sudah menujukkan pukul 06.31, aku sudah berada di Terminal Gadang dan segera mencari angkot yang berlabel AMG yang merupakan singkatan dari Arjosari-Mergosono-Gadang. Angkot tersebut memang beroperasi melewati SMAN 2 Malang yang merupakan sekolahku. Setelah menunggu beberapa detik, aku menemukan 1 angkot. Alhamdulillah yang ini berkecepatan lumayan tinggi. Jadi aku gak jadi telat.

Sesampainya di sekolah, aku menuju ke kelas untuk menaruh tas yang lumayan berat massanya. Tak lama menaruh tas, aku menuju lapangan basket untuk upacara rutin. Panas matahari membuat suasana menjadi tak khidmat. Lain dari itu, upacara berlangsung lebih lama dari upacara sebelumnya. Padahal setelah upacara aku waktunya pelajaran PJK (Pendidikan Jasmani dan Kesehatan). Saat KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) berlangsung materinya adalah bond-pass dan chest-pass. Seusai itu, masuk ke pelajaran Biologi yang membahas tentang bakteri sacharomyces Sereviceae atau ragi roti dengan cara praktikum di Laboratorium Biologi. Kegiatan berlangsung efektif dan menyenangkan. Setelah pelajaran Biologi adalah waktu untuk istirahat. Waktu istiratah tidak aku pergunakan untuk makan, tetapi antri sholat Dzuhur.

Kemudian adalah pelajaran ekonomi, karena belum makan sesuap nasipun aku merasa lapar dan tak semangat serta lemas. Sang gurupun memberi tugas seusai menjelaskan materi yang disampaikan. Guru itu bernama Bu Hartati. Melihat aku yang seperti selembar kertas yang tertiup angin, sang guru bertanya kepadaku.

“Kamu kenapa kok kelihatan nggak semangat gitu ?”

Aku menjawab, “Saya belum makan dari tadi pagi bu.”

Sang guru bertanya lagi, “Kamu berangkat jam berapa ?”

“Pukul 6 kurang bu.” Sahutku

“Ya sudah, kamu pergi ke kantin untuk makan tapi sendirian ya.” Sang guru berkata

Aku menjawab dengan senang, “Ya bu, terimakasih.”

Dengan izin guru aku langsung menuju kantin dan segera makan menu kesukaanku, yaitu Nasi Pecel. Saat enaknya menikmati, guru PPL datang dengan menepuk pundakku dan bertanya kenapa tidak masuk kelas dan aku menjawab bahwa aku disuruh guru kelas saya. Seusai makan, aku langsung kembali ke kelas dan mengerjakan tugasku. Dengan perut yang telah terisi dan pikiran yang jernih, aku mengerjakan dengan santai dan lancar. Salut aku kepada Bu Hartati.

Setelah ekonomi ada pelajaran BK (Bimbingan Konseling) yang membahas tentang kekonsentrasian dalam bertindak. Karena durasinya cuma 45 menit, terasa cepat dan bel pulang berbunyi. Beberapa saat setelah keluar kelas, langit terlihat mendung dan meneteskan air yang disebut hujan. Dengan cepat hujan turun dengan derasnya, jadi aku tidak bisa pulang dan akhirnya aku putuskan memohon ayahku untuk menjemputku. Dalam masa penantian ayahku, banyak kejadian yang kulihat. Salah satunya adalah terjatuhnya seorang perempuan yang mengendarai motor yang disebabkan jalan yang licin. Kejadian itu terjadi di depan gerbang SMAN 2 Malang. Orang itu ditolong oleh satpam di Smanda dan diberi segelas air minum untuk meredakan ketegangannya. Selain itu ada juga yang ngerumpi sesama teman. Suasana dan suara hujan mendominasi, yaitu dingin, berangin, agak gelap, dan sepi. Sungguh suasana yang menyentuh hati. Ini adalah hujan yang pertama aku lihat di SMAN 2 Malang.

Berselang lama kemudian, ayahku datang menjemputku dan aku langsung menuju rumahku. Hari ini adalah hari yang penuh dengan kejadian menarik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: