4 Komentar

Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

Dalam islam, sholat wajib / fardlu dibagi 5 waktu, yaitu Shubuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya’. Dalam melaksanakannya harus dengan niat yang tertata rapi, bukannya dengan main-main. Karena saat sholat kita sedang berkomnikasi dengan yang Maha Kuasa, yaitu Allah. Selain itu, Nabi Besar Muhammad SAW menyarankan agar kita selalu sholat berjamaah, khususnya bagi sholat yang fardlu.

Ada sholat yang disarankan lebih untuk  berjamaah, yaitu sholat Shubuh. Karena keutamaannya banyak dan sungguh bermanfaat. Diantaranya adalah:

  1. Bila sholat Shubuh berjamah, Allah SWT akan menjamin kita di dunia maupun akhirat.
  2. Diselamatkan dari api neraka yang panas.
  3. Jauh dari sifat-sifat kemunafikan.
  4. Kita akan dijadikan orang yang paling baik, paling kreatif, dan berhati lembut.
  5. Saat itu, kita dihargai sebagai orang yang bangun semalam suntuk.
  6. Pada hari kiamat, mendapatkan cahaya yang sempurna.
  7. Saat sholat, ditonton oleh malaikat.
  8. Untuk masuk ke surga, ini salah satu jalannya.
  9. Bila kita rajin dan istiqomah dalam berjamaah sholat Shubuh. Insya allah kita akan dapat melihat Allah SWT.
  10. Sholat 2 raka’at sebelum fajar adalah lebih baik daripada dunia dan seisinya (sholat Shubuh).

Selain itu, kalau kita tidak sholat berjamaah juga tidak apa-apa. Tetapi kalau tidak sholat juga akan berdosa. Dalam hadist yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Mas’ud berkata: Disebutkan di sisi Nabi Muhammad SAW seorang lelaki yang tertidur pada waktu malamnya hingga  pagi harinya, maka Nabi Muhammad SAW bersabda, “Itulah lelaki yang dikencingi oleh setan pada kedua telinganya”.

Setelah membaca dan mencermati tulisan di atas, apakah anda termotivasi untuk melaksanakannya? Untuk itu selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini disusun untuk mensukseskan Blogger Competition 2011 SMK Darus Sholihin Puger-Jember

4 comments on “Keutamaan Sholat Shubuh Berjamaah

  1. hwaaa…males atuh. dingin….hehehe

    @dinderchacha:
    meski dingin juga harus sholat dong….

  2. Assalamu Alaikum Wr Wb
    Di puger terkenal banyak penganut ajaran Wahidiyah. Yang ingin ku tanyakan mana peran pesantren Darussolihin Puger. Kenapa di biarkan aja ajaran sesat ini menghantui kota puger. Padahal sudah jelas kalau Wahidiyah di kota lain Sudah di nyatakan sesat. Seperti Di kota Tasik malaya.Fatwa. MUI: Ajaran Wahidiyah Sesat
    JENIS ALIRAN YANG DIANGGAP MENYIMPANG
    Ghauts Hadza Zaman mempunyai kewenangan Jallab dan Sallab (menanamkan dan mencabut iman seseorang) (Kumpulan teks Wahidiyah hal 66)
    Mendoktrin kepada ummat untuk meyakini bahwa Mualip Sholawat Wahidiyah yang bernama Mbah H. Abdul Majid, RA sebagai Ghauts Hadza Zaman (Kumpulan teks Wahidiyah hal 16)
    Bahwa kalau tidak ada Ghauts Hadza Zaman (yang dimaksud Mbah H. Abdul Majid, RA), Allah akan menghancurkan dunia sekarang ini (Mbah H. Abdul Majid, RA) dianggap juru selamat bagi Ummat zaman sekarang (Kumpulan teks Wahidiyah hal 17)
    FATWA MUI/DASAR HUKUM LAIN YANG MELARANG
    Fatwa MUI No. 25/Kep/MUI-Kota TSM/VI/2005 tanggal 28 Juni 2005 tentang sebagian ajaran Yayasan perjuangan Wahidiyah sangat kontroversi dan meresahkan masyarakat.
    Fatwa MUI No. 45/Kep/MUI-TSM/V/2007 tanggal 25 Mei 2007 yang menyatakan bahwa beberapa ajaran Wahidiyah dianggap menyimpang/tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Al-Hadits.
    TINDAKAN PEMDA DAN POLRI
    Pemda dan Pemkot Tasikmalaya berencana akan mengeluarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) mengenai pelarangan terhadap ajaran Wahidiyah di wilayah Kab/Kota Tasikmalaya.

  3. Dari cara anda dalam penulisan nama saja salah,apalagi penafsiran anda.maaf sebelumnya,yang saya tanyakan apakah anda sudah disiplin dalam menjalankan ibadah sholat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: