1 Komentar

Internet Yang Sehat Itu Bikin Hebat, Nikmat, & Bersemangat

Kamu semestinya tahu dan tidak asing di telingamu saat mendengar istilah internet. Tapi kebanyakan orang tidak mengerti apa arti dari internet. Padahal sudah sering dijumpai di media-media. Internet sendiri merupakan singkatan dari interconnected networking yang berarti jaringan-jaringan komputer yang saling terhubung. Tapi perlu diingat bahwa istilah internet yang dikenal mengacu pada gabungan jaringan komputer di seluruh dunia yang membentuk suatu system jaringan informasi global.

Jadi, internet adalah tempat di mana ada banyak informasi mendunia yang ada dalam dunia maya. Selain ada nilai positif ada juga nilai negatifnya. Tapi, kita ambil saja yang positif. Seperti adanya layanan pendidikan, berita, umum, dll. Ada juga sebutan internet sehat yang berarti menggunakan internet yang bernilai positif, dan tidak begono-gini.

Biasanya, cara mendidik siswa di sekolahku untuk penggunaan internet yang positif adalah dengan menyuruh membuat blog sendiri di WordPress. Dengan begitu siswa mendapat banyak keuntungan, diantaranya yaitu siwa menjadi lebih rajin / suka mengetik (karena banyak orang yang lebih suka copy paste saja daipada mengetik) dan akan diikutkan lomba-lomba blog. Bila menang dalam lomba tersebut, pasti yang didapat kesenangan dan keuntungan. Keuntungan yang lain adalah siswa itu menjadi kreatif.

Dulu saat internet mulai ada di Indonesia, yaitu sekitar tahun 1990-an, internet masih jarang. Namun seiring berkembangnya zaman, Indonesia dapat mengembangkan internet. Pernah di sekolahku, menang Lomba Web Blog Tingkat ASEAN memakai komputer  Pentium II.

 

Ternyata rahasianya adalah kedisiplinan, kejernihan dalam berpikir, & usaha yang maksimal. Kata Pembina dari pererta lomba tersebut bertutur “ Dulu kami pernah meng-upload gambar-gambar sampai jam 3 malam untuk di kirim ke Sekretariatnya sana (Singapura). Berlangsung lama karena kalau sudah menjelang malam (Maghrib) meng-uploadnya lama. Dan dengan sejumlah pengorbanan & usaha yang maksimal tersebut akhirnya kami mendapat balasan yang setimpal.

Tutur kata diatas itupun ku dalami. Dan bahwa nge-net secara sehat dapat membuat kita menjadi hebat.

One comment on “Internet Yang Sehat Itu Bikin Hebat, Nikmat, & Bersemangat

  1. Maz,,, yg jdie model ftox cpa tuh ??????

    @Yocha Diecha Arsenal Masanega:
    nanti juga tau sendiri…..he..he..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: